Selasa, 20 September 2016

Instalasi MATV Hotel,Kost,Home stay wilayah Jogja/Yogyakarta 085103022986







Instalasi MATV, CATV, atau tv kabel adalah suatu keharusan bagi pengelola hotel, guna melengkapi fasilitas hotel. Untuk instalasi jaringan MATV ini ada beberapa komponen tang dibutuhkan, mulai dari headend yang terdiri dari modulator, combiner, booster, TAB, spliter, coupler, receiver, decoder, dan untuk alat penang signal biasanya menggunakan parabola out door. Lantas bagai mana cara instalasi MATV di hotel? Yah, inilah yang sering dicari para kontraktor guna memenuhi permintaan client-nya. Untuk itu, kali ini admin akan bahas sedikit konsep cara pasang MATV / tv kabel di hotel dengan konsep distribusi channel. Istilah MATV / CATV / tv kabel belakangan sering kita dengar dilingkungan masyarakat kita, khususnya yang berada di daerah yang tidak terjangkau oleh signal UHF. Bahkan di perkotaan seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Semarang sendiri, MATV Aatau tv kabel sudah sangat familiar karena tv kabel identik dengan tv berlangganan. Sistem distribusi channel MATV digunakan untuk mendistribusikan channel atau siaran tv ke suatu titik area terbatas misalnya instalasi MATV di Hotel, Apartemen, Rumah Sakit, Gedung, Villa, Kos-Kosan, atau sejenisnya.

Dalam distribusi system MATV ini ada lima konsep utama yaitu, headend, trunk cable, distribution cable, drop cable, dan terminal. Headend adalah pusat transmisi utama dalam sistem jaringan ini. Setelah menerima signal dari stasiun tv kemudian diproses untuk didistribusikan ke kamar-kamar atau ruangan yang tersedia televisi melalui kabel tentunya.

Ada dua metode jaringan MATV yang banyak diterapkan oleh para teknisi parabola. Yang pertama adalah sistem free and branch system. Pada cara ini, sinyal transmisisepanjang trunk cable melalui cabang-cabang dan sub cabang. Setiap room hotel menggunakan decoder atau receiver yang fungsinya untuk memilih channel tv. Decoder ini diletakan antara jaringan kabel dan tv. Namun sistem ini dianggap kurang ekonomis, karena dengan menggunakan sistem ini pengelola hotel harus menyediakan banyak decoder sesuai jumlah kamar maupun jumlah tv.


Cara yang kedua berikut ini yang lebih menjadi pilihan oleh para pengelola hotel maupun gedung dalam menerapkan sistem distribusi channel. Yaitu switched-star-signal didistribusikan melalui trunk cable dari headend ke sejumlah local senter. Disini dipasang router yang berfungsi untuk memperlancar lalu lintas transmisi jika suatu saat ada gangguan. 

Dari headend menuju local center menggunakan kabel coaxial, kemudian diteruskan ke district center yang langsung terhubung ke kamar-kamar.
Keunggulan sistem kedua ini diantaranya memiliki performa yang lebih baik dan maintenance yang lebih efisien. Sistem ini juga dianggap adaptable juga fleksibel, artinya jika suatu saat ingin meng-upgrade dan menambah fitur maka tidak terlalu repot.

Jika kita ingin menikmati siaran tv tanpa bayang dan bintik, tentunya kita bisa menggunakan sistem distribusi channel diatas. Tentu ini hanya disarankan buat para pengelola gedung, apartemen, hotel, rumah sakit yang dipastikan akan lebih hemat dan efisien jika harus memasang antenna tv atau parabola sejumlah kamar hotel.



SEMAR PARABOLA
AGEN RESMI PARABOLA DI YOGYAKARTA

Tlp:085103022986


WA:085103022986

BB:D9FC0F9

Kantor : Banguntapan Yogyakarta, Indonesia

Tags:

0 Responses to “Instalasi MATV Hotel,Kost,Home stay wilayah Jogja/Yogyakarta 085103022986”

Posting Komentar

Blogger news

Subscribe

Selamat datang di website semarparabola.com pusat grosir dan ecer parabola di jogja

© 2013 Pusat Parabola Jogja 085103022986. All rights reserved.
Designed by Semar parabola - Shared by Semar parabola